kegiatan DOF selanjutnya

Ngarumat lembur jilid 3 oleh DOF, asyik…. Pelatihan pertanian organik

Salah satu kegiatan DOF yang berkesinambungan sejak ngarumat lembur jilid 1 berlanjut ke jilid 2 dan sekarang yang jilid ke-3 nya. Pada kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di desa Hanum pada hari ahad, 15 mei 2011. Kegiatan ini direncanakan mulai pukul 08.00 pagi. namun untuk menyesuaikan segalanya, terpaksa deh di undur sekitar 34 menit oleh panitia. (penulis sendiri juga tiba di tempat pukul 08.14, ^_^) meskipun demikian, Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancarnya. Sebentar melihat audiens ke kanan dan kekiri, ada 89 orang lho yang ada di pelatihan pertanian organik ini.

Tibalah saatnya tugas mc untuk bekerja, yakni membuka; mengatur acara dan menutup acara. Yang pada kesempatan kali ini di tugaskan kepada kang Hanum Sujana selaku admin DOF yang selalu aktif di

jejaring social facebook demi kemajuan DOF itu sendiri. Setelah sambutan dari pihak yang bersangkutan selesai, dilanjutkan deh dengan pengenalan DOF oleh kang Hanum kepada audiens semuanya. Dengan menggunakan format presentasi yang di visualisasikan oleh proyektor, pengenalan DOF kepada audiens pun semakin menarik dan mudah dimengerti tentunya.

Setelah ramah tamah selesai, tibalah acara inti dari kegiatan hari ini. Pelatihan pertanian organik yang akan di paparkan oleh pak Herman Sumantri ST SMi. Beliau Lahir di kab. Cilacap pada tanggal 5 Mei 1960. Perlu anda ketahui, beliau pada saat ini bekerja di pertamina sebagai pengendalian limbah . selain itu beliau juga aktif sebagai pemerhati lingkungan menurut saya dan sangat aktif juga bergerak pada pertanian organik. Sama seperti perkenalan DOF tadi, beliau pun menjelaskan materinya menggunakan program presentasi. Sangat terarah dan terorganisir materi yang beliau sampaikan.

Tahap demi tahap yang berkaitan dengan lingkungan dan cara memanfaatkan lingkungan tersebut. Setelah kurang lebih 86 menit memaparkan apa pertanian organik itu, beliau mencoba mempraktekan bagaimana cara membuat pupuk organik yang bahan-bahannya dapat diperoleh di sekitar kita. Selain itu beliau juga  mempraktekan cara membuat irigasi bawah tanah dengan memanfaatkan kerja mikroorganisme dari sampah organik yang telah membusuk, bertujuan agar system perairan di bawah tanah berjalan dengan semestinya dan menjaga kesetabilan air yang turun ke daerah penduduk yang ada dihilir.

Setelah selesai mempraktekan semua pemaparan pertanian organik oleh pak Sumantri, berakhirlah acara inti pada hari ini. Kembali deh pada mc untuk menutup kegiatan dof untuk hari ini. Alhamdulillah lancar juga semuanya.

Semoga saja materi yang disampaikan dapat dipraktekan kembali oleh masyarakat. Sehingga kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang khususnya di desa Hanum dan umumnya bagi kec. Dayeuhluhur.

Terimakasih tawarannya untuk makan bersama.
Tapi untuk kali ini, sepertinya janji saya kepada 
saudara harus ditepati deh.
“pulang paling telat pukul 13.00”
Hapunten na wae
Oh iya, maaf ya bah+kang yoes. Saya ga pamitan.
Terlihat sedang serius keduanya waktu itu.
Sukses selalu untuk DOF.
Terimakasih suvenier notepent nya ^_^.

8 thoughts on “kegiatan DOF selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s